Kelompok pengawas mengungkapkan keprihatinan atas pembelian Current TV oleh Al-Jazeera

Liga Anti-Pencemaran Nama Baik pada hari Jumat menyatakan keprihatinannya atas pembelian Current TV oleh Al-Jazeera baru-baru ini, dengan mengutip “catatan buruk” dari saluran Qatar tersebut dalam menyediakan platform bagi semua jenis ekstremis anti-Israel dan bahkan ekstremis anti-Semit yang kejam, dan untuk berfungsi sebagai alat propaganda melawan negara Israel.

Dalam sebuah pernyataan, direktur nasional ADL Abraham Foxman mengatakan, “Kami akan menonton dan memantau siaran tersebut saat tersedia untuk khalayak yang lebih luas di Amerika Serikat.”

Kekhawatiran serupa juga disuarakan oleh pemantau berita CAMERA yang berbasis di Boston, yang presidennya Andrea Levin berkata: “Jika Al-Jazeera, yang merupakan bagian dari pemerintah Qatar, mengubah TV saat ini menjadi ‘Al-Jazeera Amerika’ seperti yang diberitakan, liputannya akan diawasi dengan cermat. ”

“Meskipun beberapa program Al Jazeera berbahasa Inggris tidak perlu dipertanyakan lagi, penting untuk diingat bahwa jaringan induknya adalah perpanjangan tangan pemerintah Qatar. Dan Qatar, pada gilirannya, adalah negara kecil, kaya minyak, dan dikelola keluarga dengan agendanya sendiri,” tambah Levin.

Alex Safian, direktur asosiasi CAMERA, mencatat bahwa, dalam melaporkan berita Israel-Palestina, meskipun Al-Jazeera terkadang memberikan kesempatan kepada juru bicara Israel untuk menyampaikan pendapatnya, Al-Jazeera sering kali hanya fokus pada operasi kontraterorisme Israel tanpa meliput serangan Palestina yang menjadi penyebabnya.

Akuisisi Current – ​​jaringan berita yang didirikan bersama oleh mantan Wakil Presiden Al Gore – meningkatkan jangkauan Al-Jazeera di AS di luar beberapa wilayah metropolitan utama AS, termasuk New York dan Washington, hampir sembilan kali lipat menjadi sekitar 40 juta rumah.

Gore mengkonfirmasi penjualan tersebut pada hari Rabu, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Al-Jazeera memiliki misi yang sama dengan Current TV “untuk memberikan suara kepada mereka yang biasanya tidak didengarkan; untuk mengatakan kebenaran kepada penguasa; untuk memberikan sudut pandang yang independen dan beragam; dan untuk menceritakan kisah-kisah yang tidak diceritakan orang lain.”

Al-Jazeera berencana untuk secara bertahap mengubah Current menjadi jaringan yang disebut Al-Jazeera Amerika dengan menambahkan lima hingga 10 biro baru di AS melebihi lima biro yang ada sekarang dan dengan mempekerjakan lebih banyak jurnalis. Lebih dari separuh kontennya adalah berita Amerika dan jaringan tersebut akan berkantor pusat di New York, kata juru bicara Stan Collender.

Collender mengatakan tidak ada aturan yang melarang kepemilikan asing atas saluran kabel – tidak seperti aturan ketat yang membatasi kepemilikan asing atas stasiun TV free-to-air. Dia mengatakan langkah tersebut didasarkan pada permintaan, dan menambahkan bahwa 40 persen lalu lintas pemirsa di situs berbahasa Inggris Al-Jazeera berasal dari AS.

“Ini adalah keputusan bisnis murni berdasarkan permintaan yang diketahui,” kata Collender. “Saat orang menonton Al-Jazeera, mereka cenderung sangat menyukainya.”

Sebelum pembelian Al-Jazeera, Current TV ada di 60 juta rumah. Hal ini dilakukan oleh Comcast Corp., yang memiliki kurang dari 10% saham di Current TV, serta DirecTV. Tidak ada perusahaan yang mengumumkan rencana untuk meninggalkan saluran tersebut.

Pada tahun 2010, direktur pelaksana Al-Jazeera English, Tony Burman, menyalahkan “permusuhan yang sangat agresif” dari pemerintahan Bush atas keengganan perusahaan kabel dan satelit untuk menayangkan jaringan tersebut.

Meski begitu, Al-Jazeera mendapat respek karena kemampuannya membangun produk berita yang serius dalam waktu singkat. Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan kesepakatan tersebut, mereka memuji sejumlah penghargaan jurnalisme Amerika yang diterimanya pada tahun 2012, termasuk Robert F. Kennedy Journalism Prize dan Scripps Howard Award untuk Television/Cable In-Depth Reporting.

Namun mungkin ada benturan budaya di jaringan tersebut. Dave Marash, mantan reporter “Nightline” yang bekerja untuk Al-Jazeera di Washington, mengatakan dia meninggalkan jaringan tersebut pada tahun 2008 karena dia merasakan adanya bias anti-Amerika di sana.

Sementara itu, Current dimulai sebagai upaya perintis untuk mempromosikan konten buatan pengguna. Namun televisi ini beralih ke format televisi bincang-bincang politik yang lebih konvensional dan bernuansa liberal. Gore bekerja sebagai analis selama liputan malam pemilu baru-baru ini.

Tokoh utamanya adalah mantan gubernur New York, Eliot Spitzer, mantan gubernur Michigan, Jennifer Granholm, dan Cenk Uygur, mantan komentator politik di MSNBC yang menjadi pembawa acara program bertajuk “The Young Turks”. Saat ini mengontrak Keith Olbermann sebagai tuan rumah teratas pada tahun 2011, tetapi masa jabatannya hanya berlangsung kurang dari setahun sebelum berakhir dengan pertikaian di kedua belah pihak.

Saat ini sebagian besar telah terpojok oleh MSNBC dalam upayanya untuk menjadi alternatif liberal terhadap jaringan berita kabel terkemuka, Fox News Channel.

Pada tahun 2011, Current mempekerjakan mantan kepala biro CNN Washington David Bohrman untuk menjadi presidennya. Bohrman mendorong jaringan tersebut untuk berinovasi secara teknologi, dengan liputan malam pemilu yang menekankan percakapan tentang media sosial.

TV saat ini diperkirakan akan mencapai pendapatan $114 juta pada tahun 2013, menurut perusahaan riset SNL Kagan. Perusahaan tersebut mematok arus kas jaringannya hampir $24 juta per tahun.

Dengan pembelian Current TV sayap kiri, saluran berita pan-Arab memenuhi misi panjang untuk menjangkau puluhan juta rumah di Amerika. Namun audiens barunya segera bertambah sedikit.

Operator TV terbesar kedua di AS, Time Warner Cable Inc., menghentikan Current setelah kesepakatan tersebut dikonfirmasi pada hari Rabu, sebuah tanda bahwa saluran tersebut akan menghadapi perjuangan berat untuk memperluas jangkauannya.

“Perjanjian kami dengan Current telah diakhiri dan kami tidak lagi menyediakan layanan tersebut. Kami menghapus layanan ini secepat mungkin,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Anda adalah pembaca setia

Kami sangat senang Anda membaca X Artikel Times of Israel dalam sebulan terakhir.

Itu sebabnya kami memulai Times of Israel sebelas tahun yang lalu – untuk menyediakan liputan yang wajib dibaca tentang Israel dan dunia Yahudi kepada pembaca cerdas seperti Anda.

Jadi sekarang kami punya permintaan. Tidak seperti outlet berita lainnya, kami belum menyiapkan paywall. Namun karena jurnalisme yang kami lakukan mahal, kami mengundang para pembaca yang menganggap The Times of Israel penting untuk membantu mendukung pekerjaan kami dengan bergabung Komunitas Times of Israel.

Hanya dengan $6 sebulan, Anda dapat membantu mendukung jurnalisme berkualitas kami sambil menikmati The Times of Israel IKLAN GRATISserta akses konten eksklusif hanya tersedia untuk anggota komunitas Times of Israel.

Terima kasih,
David Horovitz, editor pendiri The Times of Israel

Bergabunglah dengan komunitas kami

Bergabunglah dengan komunitas kami
sudah menjadi anggota? Masuk untuk berhenti melihatnya


slotslot demodemo slot

By gacor88